Copyright © Langitku
Design by Dzignine
Minggu, 18 November 2012

Pengiriman Data Multimedia Melalui Aplikasi Berbasis Desktop



Dalam tiap aplikasi yang ada pasti proses pengiriman datanya dilakukan dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah aplikasi berbasis desktop. Aplikasi desktop yang biasa kita gunakan antara lain :
  • Yahoo Messenger
  • Skype
  • GTalk
  • Pidgin
  • Ebuddy
  • dan lain sebagainya
Pengiriman Teks

Proses pengiriman teks yang biasa dilakukan adalah melalui media messenger, yaitu media untuk berkomunikasi melalui jaringan internet dengan cara chatting, video web cam, dsb. Salah satunya adalah GTalk. Gtalk menggunalan protokol XMPP atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jabber.

Jabber merupakan suatu protokol XML terbuka yang proses pertukaran message dan presence yang real-time antara dua user di dalam jaringan Jabber. Pada awalnya Jabber berdifat asynchronous, platform IM yang dapat digunakan secara luas dan jaringan IM berdasarkan fungsinya. Hampir sama dengan sistem IM yang resmi seperti AOL Instant Messaging (AIM) dan Yahoo Instant Messaging.

Beberapa tahun yang lalu komunitas Jabber telah mempublikasi protokol tersebut sebagai Request for Comment (RFC) pada Internet Engineering Task Force (IETF) sebagai bagian dari standar Instant Messaging and Presence Protocol (IMPP). Tetapi IMPP tidak berjalan dengan sukses. Kemudian Internet Engineering Steering Group (IESG) menyetujui formasi Extensible Messaging and Presence Protocol Working Group (XMPP) dengan internet, dimana protokol tersebut digunakan untuk memodifikasi protokol yang sudah ada agar dapat memenuhi RFC 2799 seperti persyaratan yang telah ditentukan dalam spesifikasi Common Presence and Instant Messaging (CPIM).

Arsitektur Jaringan XMPP

Jabber terkenal dengan arsitektur client-server. Client Jabber dapat berkomunikasi dengan server Jabber pada domain Jabber mereka. Domain Jabber memiliki keuntungan, yaitu kemampuannya dalam memisahkan zona komunikasi yang ditangani oleh server Jabber yang berbeda, tidak seperti sistem IM lainnya yang menggunakan satu server terpusat untuk seluruh zona komunikasi.

XMPP merupakan protokol hasil formalisasi IETF dari streaming protokol standar XML, yang dikembangkan oleh Jabber Community. Protokol ini menghadirkan fitur lengkap untuk Instant Messaging dan Presence di atas data transport layer yang bersifat dedicated. Protokol ini telah stabil sejak tahun 1999. Jabber/XMPP adalah sebuah protokol yang telah didokumentasikan dengan baik dari seluruh protokol yang ada dan mudah untuk dipahami.

Cara Jabber/XAMPP bekerja sering digambarkan seperti sebuah router XML, artinya jika pesan dikirim dalam bentuk paket XML dan route-nya (pesan tersebut akan dikirim ke lokasi yang berdasar content-nya). Jabber didesain serupa dengan HTTP dan Email, tetapi karena protokol ini relatif baru jadi sampai saat ini Jabber memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik. 

Kekhasan yang dimiliki oleh protokol Jabber antara lain modular server dan simple clinet, sebagai berikut :
  1. Modular Server
    • Server Jabber memiliki 3 peranan utama, yaitu :
      • Menangani koneksi client dan berkomunikasi secara langsung dengan client Jabber
      • Berkomunikasi dengan server Jabber yang lain
      • Mengoordinasikan beragam komponen server yang diasosiasikan dengan server
    • Server Jabber didesain modular, dengan paket kode internal yang khusus sehingga dapat menangani fungsionalitasnya seperti registrasi, autentikasi, present, contact list, penyimpanan pesan yang berstatus off-line dan sebagainya. Selain itu server Jabber juga dapat dikembangkan dengan komponen eksternal yang memungkinkan administrator server untuk mensuplemen server pusat dengan layanan tambahan semacam gerbang untuk sistem messaging lainnya.
  2. Simple Client
    • Satu kriteria desain sistem Jabber bahwa ia harus memiliki kemampuan untuk mendukung clinet yang sederhana. Misalnya koneksi telnet pada port yang benar. Dalam hal ini tentu saja arsitektur Jabber memberikan sedikit batasan pada client.

Pengiriman Audio dan Video

Pengiriman audio dan video dalam jaringan internet tentunya akan berbeda dengan pengiriman text. Hal tersebut dikarenakan ukuran data yang akan ditransmisikan cukup besar. Tentunya diperlukan metode-metode yang dapat memudahkan proses transmisi data. Contoh aplikasi desktop yang dapat mengirimkan audio dan video adalah skype. Skype merupakan sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

Arsitektur skype sebenarnya tidak murni peer to peer (P2P). karena dalam arsitektur skype terdapat tiga komponen, yaitu server, supernode, dan client. 
  • Server
    • Merupakan server pusat dari skype. Berfungsi untuk menangani masalah authentifikasi pada pengguna skype. Kemudian server akan memberitahukan kepada teman-temannya yang lain bahwa salah satu temannya sedang available.
  • Supernode
    • Merupakan titik akhir dimana klien terhubung. Setiap node dengan ip publik yang memiliki CPU, memori dan bandwith yang memadai merupakan kandidat untuk menjadi supernode. 
  • Client
    • Merupakan aplikasi disisi klien yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna skype lainnya.
Prinsip Kerja Skype

Dalam proses transfer data tentunya diperlukan sebuah metode agar data tepat sampai pada tujuan. Apalagi jika data yang harus ditransfer memiliki ukuran yang relative besar. Dengan keterbatasan bandwith setiap aplikasi memiliki metodenya masing-masing. Berikut garis besar cara kerja skpe :
  1. Suara yang akan dikirim ditangkap dan ditranskodekan dari format analog (biasanya microphone) ke dalam format digital.
  2. Kemudian disampaikan ke kompresor untuk proses peminimalisasian ukuran.
  3. Pada proses peminimalisasian, data dipecah – pecah menjadi bagian yang lebih kecil dan diberi “cap”.
  4. Ketika proses “pengecapan” akan diberikan alamat tujuan dan juga kode nomor. Kode nomor digunakan untuk membedakan bagian – bagian data yang telah dipecah – pecah tadi. Selanjutnya dilakukan proses enkripsi.
  5. Kemudian data digital ditransmisikan melalui jaringan IP
  6. Pada proses akhir yaitu perakitan kembali paket – paket tersebut menjadi bagian yang utuh kembali.
Call Signaling dan Keamanan Pada Skype

Call signaling pada skype adalah sebagai berikut :
  • Jika caller dan receiver sama – sama memiliki IP public dan receiver berada dalam daftar teman caller, maka mereka akan membangun koneksi langsung lewat TCP dan menguunakan UDP sebagai media transfer.
  • Jika caller atau receiver berada dibalik port-restricted NAT, maka dibutuhkan sebuah Supernode sebagai perantara. 
  • Jika keduanya berada di balik UDP-restricted firewall maka dibutuhkan relay diantara keduanya untuk membangun koneksi TCP. Kemudian transfer media akan melalui sisi satu ke sisi yang lain.
Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas internet untuk publik.
Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. 


2 komentar:

  1. The king casino no deposit bonus, free spins, bitcoin - CommunityKhabar
    No deposit https://sol.edu.kg/ bonus, free spins, bitcoin. gri-go.com No deposits communitykhabar bonus. No withdrawals, https://septcasino.com/review/merit-casino/ bitcoin no deposit bonuses, apr casino free spins, bitcoin, 10k followers.

    BalasHapus